UGM - PPSMB Palapa 2017 - PPSMB Kesatria 2017

Minggu, 3 September 2017. Saat ini, Saya akan berbagi pengalaman tentang PPSMB UGM 2017, yang dilaksanakan pada hari Senin, 7-08-2017 sampai dengan Sabtu, 12-08-2017. PPSMB UGM 2017 merupakan suatu kegiatan untuk mahasiswa baru, dimana mahasiswa baru tersebut dikenalkan pada kampus dan menanamkan jiwa ke-UGM-an. PPSMB UGM 2017 yang merupakan singkatan dari Pelatihan Pembelajaran Sukses Mahasiswa Baru Universitas Gadjah Mada 2017.

PPSMB yang Saya ikuti terdiri atas 2, yaitu PPSMB Palapa UGM 2017 dan PPSMB Kesatria 2017. PPSMB Palapa 2017 merupakan sebuah acara yang diadakan pada lingkup universitas, kemudian PPSMB Kesatria 2017 merupakan sebuah acara yang diadakan pada lingkup fakultas terlebih khusus fakultas Teknik. 

Rangkaian acara yang dilaksanakan selama 6 hari terbagi atas 3 sesi. 2 hari pertama dilaksanakannya PPSMB Palapa, 2 hari kedua dilaksanakannya PPSMB Kesatria, dan 2 hari ketiga dilaksanakannya PPSMB Palapa. 

Dalam dilaksanakannya kegiatan PPSMB UGM 2017 mahasiswa baru ditempatkan pada gugus-gugus yang terdiri atas mahasiswa baru yang berbeda fakultas dan jurusan sehingga mahasiswa baru tersebut dapat lebih luas jangkauan berteman pada fakultas dan jurusan yang berbeda. Saya ditempatkan pada gugus Taroeno Djojoningrat 3 dan Saya ditempatkan di Fakultas Farmasi ruang kuliah VI. Di setiap gugus terdapat cofas yang bertugas membimbing mahasiswa baru selama kegiatan PPSMB Palapa UGM 2017, pada Taroeno Djojoningrat 3 terdapat Dany Prasetya  yang memiliki panggilan “Mas Dany” dari Fakultas Geografi dan Dhona yang memiliki panggilan “Mbak Dhona” dari Fakultas Hukum sebagai cofas Taroeno Djojoningrat, merekalah yang membimbing mahasiswa baru pada gugus Taroeno Djojoningrat 3 selama PPSMB Palapa UGM 2017. Pada pelaksanaan PPSMB Kesatria 2017 peserta yang terdiri atas mahasiswa baru fakultas teknik. Seperti dengan PPSMB Palapa UGM 2017, PPSMB Kesatria pun terbagi dengan beberapa kelompok, dan nama kelompok pada PPSMB Kesatria adalah armada, dan Saya ditempatkan pada Armada 25, dan armada tersebut tergabung dalam armada kuda.

Pada hari pertama, mahasiswa baru berkumpul di lapangan pancasila untuk acara Opening Ceremony PPSMB Palapa UGM 2017, mahasiswa baru berbaris sesuai dengan arahan cofas sehingga barisan mahasiswa baru tersebut membentuk tulisan PPSMB Palapa UGM 2017. Setelah itu penyambutan-penyambutan untuk mahasiswa baru, dan yang paling menarik adalah ketika aksi terjun payung yang sangat banyak da juga aksi pesawat jupiter dengan melakukan atraksi yang membuat mahasiswa baru kagum. Kemudian setelah opening ceremony telah selesai mahasiswa baru beriringan menuju ruang kelas gugus masing-masing, dan Saya bersama teman gugus saya menuju ke Fakultas Farmasi ruang kuliah VI, di ruang kelas gugus tersebut, mahasiswa baru memperkenalkan diri kemudian dibimbing untuk menanamkan jiwa ke-UGM-an dan juga dilatih soft skill mahasiswa baru.

Pada hari kedua,dimulai pagi hari mahasiswa baru langsung memasuki ruang kuliah di setiap gugus masing-masing, di ruang kuliah tersebut mahasiswa baru dilatih soft skill dalam bentuk diskusi, permainan, kelompok, dsb.

Pada hari ketiga, dimulailah PPSMB Kesatria yang diadakan oleh Fakultas Teknik. Dipagi hari kita dikumpulkan pada halaman depan KPFT dan dilakukannya upacara pembukaan PPSMB Kesatria Teknik 2017. Setelah itu kita disuguhkan pada acara “Talk Show” dengan bintang tamu yaitu I Made Arsana yang sangat inspirasi. Pada PPSMB Kesatria Teknik 2017 ini sedikit berbeda, karena pada tiap armada kita berkumpul di sudut-sudut kampus, dan mahasiswa baru diajarkan kekompakan antar armada. 

Pada hari ke empat, PPSMB Kesatria Teknik dibuat sangat menarik dengan diadakannya orasi presiden mahasiswa dan dengan membuat drama tentang kolonialisme yang melanjutkan kisah drama ketika geladi bersih sebelum PPSMB Kesatria berlangsung. Dimana mahasiswa baru tersebut diajak untuk bekerjasama antar armada untuk membuat sebuah persembahan yaitu tugu teknik yang dibuat dari kubus berwarna biru. Sehingga melatih koordinasi antar armada, kedisiplinan, dan tanggung jawab.

Pada hari ke lima, pelaksaan PPSMB kembali ke PPSMB Palapa UGM, dimana mahasiswa baru tersebut sejak pagi memamasuki ruang kuliah tiap gugus, dan Saya memasuki kembali ke Fakultas Farmasi ruang kuliah VI. Dan disana mahasiswa baru tersebut dilatih untuk membentuk soft skill yang baik.

Pada hari ke enam, pelaksanaan PPSMB Palapa UGM sama seperti hari ke lima, dengan diakhiri melaksanakan closing ceremony dengan membentuk formasi lambang UGM, dan bendera merah putih, dihadirkan juga orasi mahasiswa berprestasi.

Dan pengalaman selama pelaksanaan PPSMB Palapa UGM 2017 Saya mendapatkan makan siang yang sangat lezat. Dan harapan dari Saya tentang PPSMB UGM 2017 semoga pelaksanaan acaranya menjadi lebih menarik untuk kedepannya, dan semoga UGM selalu menjadi universitas terbaik yang ada di INDONESIA.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Ikhlas Bersama Bu Lestari